Di zaman sekarang, berjualan di dunia maya semakin banyak peminatnya.
Senin, 4 Juni 2012, 17:47 WIB
Berjualan di dunia maya sudah
bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang
melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan
mulai merambah dunia maya. Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi
pemasaran disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan keuntungan.
Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk profesional maupun pemula. Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi cara untuk sukses berjualan melalui dunia maya.
4 Cara Sukses Berjualan di Internet
Berjualan di dunia
maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang
melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan mulai
merambah dunia maya.
Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.
Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips Sukses Berjualan di Internet.
Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.
Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips Sukses Berjualan di Internet.
1. Selalu sediakan yang terbaik
Berjualan di dunia
maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi
berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak
penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga
terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah
krusial.
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.
2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri
Pembeli jaman
sekarang tidak bisa 'dipaksa' hanya melalui iklan. Mereka terhubung dengan baik
ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog, review, tweet dan bahkan
Facebook. Penjual yang baik adalah yang bisa menyediakan barang dagangannya di
berbagai media tersebut.
Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.
Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.
3. Berceritalah kepada pelanggan
Internet adalah
media yang sangat tepat untuk bercerita. Dengan memberikan kisah serta latar
belakang toko, si penjual biasanya bisa menarik hati pelanggan lebih dalam dari
hanya ketimbang memberikan diskon atau bonus.
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.
4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda
Jual-beli online
semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru diciptakan b
anyak orang untuk
menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam, perhatikan juga apa yang dilakukan
oleh kompetitor Anda.
Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.
Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.
Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.
Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.
Selamat Mencoba. . . :)